asrulabdullah.com

All About Asrul, Tutorial HTML5 & CSS3, Web Designer

27 Jun 2013

Keragaman Warna Tanaman : Tanda Kekuasaan Tuhan

Ketika saya merenungi tentang ciptaan Tuhan YME. Di dalam pikiran saya terlintas salah satu bukti kekuasaan Tuhan yaitu Tuhan menciptakan beragam jenis tanaman dan beragam warna pada tanaman itu sendiri. Kemudian saya berpikir *sedikit sombong hehe. Ada bunga Melati dengan warna Merahnya, bunga Mawar dengan warna Putihnya, dan berbagai bunga lainnya. Maklum saya bukan wanita yang tahu berbagai jenis bunga-bungaan. Mungkin ibu saya pasti tahu, haha. OK, kembali ke jalan yang benar. Kemudian saya juga melihat bukti kekuasaan Tuhan YME tentang proses penyerbukan yang dilakukan tanaman. Saya pikir ini akan menjadi kebutaan yang nyata untuk seseorang yang tidak merasa kagum akan keindahan ciptaan Tuhan YME.

irrigation photosynthesis Keragaman Warna Tanaman : Tanda Kekuasaan Tuhan

It’s awesome. Kemudian saya cocokkan dengan Al- Quran mengenai tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Dalam surah Yusuf ayat 105-106. Allah berfirman

وَكَأَيِّن مِّنْ آيَةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَمُرُّونَ عَلَيْهَا وَهُمْ عَنْهَا مُعْرِضُونَ(105)
وَمَا يُؤْمِنُ أَكْثَرُهُم بِاللَّهِ إِلَّا وَهُم مُّشْرِكُونَ(106)

Artinya :

Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling dari padanya. Dan sebahagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain). (QS. Yusuf, 105-106)

Setelah membaca ayat Al-Quran kemudian dalam pikiran saya terlintas akan sebuah fenomena dari tumbuhan yaitu Mengapa hampir semua tumbuhan berwarna hijau ? Ketika dulu waktu SMP, Guru saya mengatakan tumbuhan berwarna hijau dikarenakan ada zat hijau daun (klorofil). Klorofil adalah sebuah zat yang sangat penting, yaitu sebuah pigmen yang terkandung dalam kloroplas yang tersebar dalam sitoplasma sel tanaman. Pigmen ini menyerap cahaya yang berasal dari matahari dengan sangat mudah. Dengan adanya pigmen ini maka proses fotosintesis dapat berlangsung.

Dalam proses fotosintesis, tanaman memanfaatkan sinar matahari yang terdiri dari kombinasi warna yang berbeda. Salah satu sifat yang paling penting dari warna dalam cahaya matahari adalah bahwa tingkat energi mereka berbeda satu sama lain. bermacam-macam warna inilah yang disebut spektrum, sebagai contoh yang diperoleh oleh pembiasan warna dalam sebuah prisma memiliki corak merah dan kuning di salah satu ujung, dan biru dan warna ungu di ujung lainnya. Warna dengan tingkat energi tertinggi adalah yang berwarna biru yang berada di akhir daripada spektrum tersebut. Perbedaan tingkat energi diantara warna-warna tersebut sangatlah penting bagi tanaman, karena mereka membutuhkan sejumlah besar energi untuk fotosintesis. Untuk alasan ini, selama fotosintesis, tanaman yang menyerap sinar matahari dari tingkat energi tertinggi berada menjelang akhir dari spektrum ultraviolet, yaitu warna violet dan biru, sebagaimana warna yang menuju kepada infra merah (panas) di akhir spektrum, yaitu merah, jingga dan kuning.

Daun melakukan semua proses ini melalui pigmen klorofil yang ada di kloroplas. Pada tanaman untuk melakukan proses photosintesa, tingkat energi partikel cahaya yang diserap oleh zat klorofil haruslah cukup. Proses fotosintesis dimulai saat tanaman, dengan energi yang diterimanya dari partikel cahaya, memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen. Hidrogen bereaksi dengan karbon dalam gas karbondioksida untuk membentuk getah tanaman yang sangat penting bagi tanaman untuk bertahan hidup. Dengan kata lain, tanaman memproduksi makanan sendiri. Oksigen yang tidak digunakan, di sisi lain, dilepaskan ke udara. Sebagian besar oksigen yang kita hirup di atmosfer dihasilkan dengan cara itu.
Untuk itu, sayangilah tumbuhan.

Posted by in Inspirasi and

Comments closed.